Selamat Datang di Blog Kami BASIS NETWORK ( Explorer Cyber World Wide ) Internet & Hotspot

Kamis, 14 Maret 2013

Cara Mudah Mencari Driver Laptop/PC

Sekarang ini memiliki laptop/pc sudah bukan barang mewah lagi, hampir setiap orang menggunakan, membutuhkan dan memiliki-nya, baik untuk bekerja, bersantai dan bermain game. Diluar hal tersebut tentu saja suatu saat laptop/pc yang kita gunakan bisa saja bermasalah baik software maupun hardware nya. Hal yang paling sering terjadi adalah kerusakan software yang ujung-ujungnya jika tidak berhasil di repair tentu saja harus di install ulang (inul bahasa kerennya).

Saat ini menginstall laptop/pc sendiri bukanlah masalah yang rumit karena kita bisa belajar cara menginstall dari mana saja, mulai dari internet bahkan sama teman-teman yang pernah melakukan install ulang pada laptop/pc nya sendiri. Hal yang sangat penting setelah selesai melakukan install ulang adalah menginstall driver dan software-software yang kita butuhkan. Cara Mudah Mencari Driver Laptop/PC agar sahabat mendapatkan driver yang cocok dan terupdate adalah dengan mengikuti berapa cara alternatif berikut :
1. Mendownlod langsung dari website vendor laptop/pc yang kita miliki.
2. Menggunakan software pencari driver secara otomatis ex : skydriver, driver pack, driver genius dll
3. Menggunakan software semi pencari driver secara otomatis ex : device doctor. Dikatakan semi karena software ini akan mencari langsung driver yang kita butuhkan ke internet untuk kita download.
4. Dengan cara melihat Hardware Ids dari driver yang ingin kita cari ( Kemungkinan kecocokan driver dengan hardware adalah 99%) 
Cara nya adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke device manager laptop/pc sahabat
  • Pilih driver mana yang ingin dicari/diupdate
  • Click kanan ambil Properties 
Cara Mudah Mencari Driver Laptop/PC
  • Pada tab General pindah ke tab Detail
  • Bagian Property ganti dengan Hardware Ids
Cara Mudah Mencari Driver Laptop/PC
  • Lalu Copy salah satu kode device
  • Buka browser ketikkan alamat http://devid.info
  • Paste kan kode yang tadi sudah sahabat copy ke kotak pencarian driver dari devid.info lalu tekan enter (Saerch)
  • Maka secara otomatis akan keluar daftar driver yang sahabat butuhkan lengkap dengan sistem operasi apa dan berapa bit yang digunakan.
Cara Mudah Mencari Driver Laptop/PC
Catt : 
  •  Driver yang belum ditemukan biasanya bewarna kuning pada windows xp, dan bertanda seru pada windows 7
  • Khusus windows xp setelah memilih menu tab detail maka Hardware Ids nya sudah langsung muncul dan bisa langsung di copy
  • Gambar-gambar yang saya contohkan diatas adalah driver yang sudah ditemukan, jadi jika sahabat mencari driver mulai dari awal perhatikan 2 catt saya diatas.
  • Jika laptop/pc yang sahabat cari driver nya belum mempunyai lan card atau koneksi ke internet sebaik nya kode-kode hardware ids sahabat copy kan ke notepad atau ke yang lain untuk kemudian di cari drivernya dengan komputer yang ada akses internet.
  • Untuk windows xp sahabat harus menggunakan CTRL+C untuk mengcopy kode hardware ids nya.
Demikianlah Cara Mudah Mencari Driver Laptop/PC dari saya dan semoga bermamfaat bagi sahabat pembaca setia blog ITneT-Padang ini, salam berbagi dari saya.



Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda